Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Langsa Lakukan Patroli Masa Tenang

Kordiv P3S Bawaslu Kota Langsa Marida Fitriani yang didampingi oleh Kordiv HP2H , Sri Wahyuni dan jajaran Panwascam, PKD, serta staf sekretariat melakukan patroli pengawasan masa tenang, di pusat Kota Langsa, Selasa (13/2) malam.

Langsa - Jajaran Bawaslu Kota Langsa menggelar patroli pengawasan masa tenang, patroli tersebut dilakukan untuk meminimalisir pelanggaran pemilu di masa tenang dengan melibatkan Jajaran Panwascam Serta Pengawas Kelurahan/Desa, Rabu 14/2/24.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Marida Fitriani didampingi Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas, Sri Wahyuni menyebutkan bahwa patroli ini digelar pada masa tenang jelang pemilihan suara yaitu mulai hari tanggal (11/2), sampai dengan 13/2, patroli dilakukan setiap malam dari pukul 20.00 sampai 24.00, kami bersama-sama berkeliling Kota Langsa,” ujar Marida Fitriani .

Fitri menyebut, kegiatan patroli tersebut dilakukan berdasarkan surat dari Bawaslu RI untuk melaksanakan patroli pengawasan pada masa tenang Pemilu 2024, serta Surat Edaran Ketua Bawaslu RI tentang pencegahan pelanggaran dan pengawasan tahapan masa tenang, pemungutan suara, perhitungan suara dalam pemilu tahun 2024.

Patroli penting dilakukan guna mencegah terjadinya pelanggaran seperti money politik, serta partai politik yang melakukan kampanye diluar masa kampanye serta partai politik yang melakukan pemasangan atribut kampanye serta bahan kampanye.

Marida menambahkan selain melakukan patroli, kita juga telah melakukan upaya pencegahan pelanggaran, yaitu dengan mengeluarkan imbauan kepada peserta Pemilu untuk menghentikan kegiatan kampanye dalam bentuk apapun.

“ Kita telah menghimbau Parpol untuk taat aturan, serta tidak melakukan kampanye pada masa tenang, kita juga berharap semua alat peraga kampanye bisa ditertibkan secara mandiri oleh Parpol sendiri sehingga nantinya tidak menjadi pelanggaran,” tegas Fitri.

Selanjutnya, Patroli masa tenang tidak sekedar melakukan pengawasan tapi menjadi kesempatan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya hak pilih, sehingga pada masa tenang ini merupakan waktu bagi masyarakat untuk berpikir jernih dalam menentukan pilihan dengan tepat.

Pencegahan pelanggaran dalam pengawasan pemilu menjadi prioritas kami, sehingga hal ini dapat mengedukasi dan mengajak masyarakat ikut berpartisipasi mengawasi pemilu dalam masa tenang agar tidak ada lagi aktivitas yang mengarah ke kampanye,” tutupnya.

Penulis dan Foto : Farrah Mutia

Editor : Taufiq