Lompat ke isi utama

Berita

JELANG PEMILU 2024, PANWASLIH KOTA LANGSA GELAR APEL SIAGA

Kegiatan Apel Siaga Pengawasan Pemilu Serentak tahun 2024, di Lapangan Bola Kaki Kebun Lama, Jalan Pondok Pabrik Kecamatan Langsa Lama, Minggu (11/2).

Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Langsa gelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu Serentak tahun 2024, di Lapangan Bola Kaki Kebun Lama, Jalan Pondok Pabrik Kecamatan Langsa Lama, Minggu (11/2).

Kegiatan Apel Siaga ini ditutup dengan doa yang ditandai dengan membakar flare (Bom asap warna warni) turut dihadiri Ketua Panwaslih Kota Langsa Taufiqurrahman bersama anggotanya Kordiv P3S Marida Fitriani dan Kordiv HP2H Sri Wahyuni, Koordinator Sekretariat Panwaslih Kota Langsa, Panwaslucam, PKD, PTPS dan staf sekretariat Panwascam seKota Langsaserta sejumlah personil Satpol PP-WH Langsa.

Ketua Panwaslih Kota Langsa Taufiqurrahman dalam amanatnya selaku Inspektur Apel Siaga Pemilu menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat bahwa Pengawasan Pemilu seKota Langsa siap untuk mengawal demokrasi.

Lanjutnya, kita pastikan seluruh pengawas pemilu memiliki pemahaman yang mendalam tentang aturan dan regulasi serta tingkatkan koordinasi antar pengawas, baik itu tingkat TPS, tingkat Desa, tingkat Kecamatan maupun tingkat Kabupaten/Kota.

Kami yakin di depan kami adalah Pengawas pemilu yang telah disumpah dan disaksikan oleh Allah SWT dan kami yakin pengawas pemilu yang sangat bertanggung jawab dan sangat mengerti tentang aturan pengawas pemilihan umum, ujarnya.

Dikatakan Taufiqurrahman lagi, hari ini kami berdiri dihadapan teman-teman sebagai pengawas pemilu dengan hati yang penuh tanggung jawab dan kesadaran akan peran penting kita dalam memastikan kelancaran dan keberhasilan proses demokrasi di negara kita.

Jadi sebagai garda terdepan dalam menjaga integritas pemilu, kita memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan bahwa setiap tahapan pemilu berlangsung dengan adil, transparan dan damai seiring dengan tahapan masa tenang jelang pemilihan.

Marilah kita semua mengingatkan diri kita sendiri tentang pentingnya menjaga netralitas, integritas dan profesionalitas dalam setiap tindakan dan keputusan yang kita ambil. Masa tenang bukanlah hanya sekedar periode dimana kampanye politik dihentikan. Tetapi juga momen kritis dimana stabilitas dan keamanan negara dapat terancam jika kita tidak menjalankan tugas kita dengan baik.

.

Sebagai pengawas pemilu kita harus bersikap Waspada terhadap segala bentuk pelanggaran yang mungkin terjadi selama masa tenang. Mari kita tingkatkan kewaspadaan kita terhadap penyebaran hoax dan intimidasi atau upaya manipulasi lainnya yang dapat menggangu proses pemilihan yang adil dan demokratis, ucap Taufiqurrahman.

Kita juga harus siap bertindak dengan cepat dan tegas dalam menanggapi setiap pelanggan yang dilaporkan, sesuai dengan hukum dan prosedur yang berlaku. Selain itu, mari kita jaga sikap dan perilaku kita agar tetap netral dan tidak memihak kepada salah satu calon atau partai politik.

Kepercayaan masyarakat kepada integritas kita sebagai pengawas pemilu sangatlah penting dan kita harus melakukan segala yang kita bisa untuk mempertahankannya. Ditengah-tengah tantangan dan tekanan yang mungkin kita hadapi mari kita ingat akan nilai-nilai demokrasi, keadilan dan perdamaian.

Mari kita berkomitmen untuk menjaga proses pemilihan yang bebas dari ketegangan dan kekerasan, serta memastikan bahwa suara setiap pemilih dihargai dan dihormati. Teman-teman sekalian sebagai pengawas pemilu kita memiliki peran yang sangat penting dalam memastikan masa depan demokrasi kita.

Mari kita jaga kepercayaan masyarakat kepada proses pemilu dan bersama-sama kita lakukan segala yang kita bisa untuk memastikan pemilu yang bersih, adil dan transparan. ” Bersama Rakyat, Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Kita Tegakkan Keadilan Pemilu,” tandas Taufiqurrahman